Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bacalah kutipan cerpen berikut. Terik. Hari ini begitu panas, sampai-sampai cahaya matahari membuat kulitku hampir terbakar

Bacalah kutipan cerpen berikut.

Terik. Hari ini begitu panas, sampai-sampai cahaya matahari membuat kulitku hampir terbakar, jemuran pun sekejap kering. Bau asap-asap polusi menyergap masuk ke paru-paru membuat kotor udara. Ditambah suara bising kendaraan yang lalu lalang di hadapanku, membuat suasana bertambah pengap dan panas. Aku hanya bisa melihat orang-orang itu di dalam mobil dengan AC yang membuat mereka sejuk, berbeda dengan diriku anak laki-laki dengan baju kumalnya berdiri di tepi jalan sambil membawa payung di genggamannya, aku hanya bisa menunggu hujan turun dan seseorang datang untuk menggunakan jasaku.

A. Pagi hari, di rumah, sepi.
B. Siang hari, di jalan raya, ramai .
C. Di sore hari, di terminal, ricuh.
D. Malam hari, di gedung tua, sepi.
E. Malam hari, di rumah, sepi

PEMBAHASAN:

Pada kalimat "Hari ini begitu panas, sampai-sampai cahaya matahari membuat kulitku hampir terbakar" artinya siang hari.

Pada kalimat Aku hanya bisa melihat orang-orang itu di dalam mobil dengan AC yang membuat mereka sejuk, berbeda dengan diriku anak laki-laki dengan baju kumalnya berdiri di tepi jalan sambil membawa payung di genggamannya, aku hanya bisa menunggu hujan turun dan seseorang datang untuk menggunakan jasaku. berarti menunjukan di jalan raya.

Pada kalimat Ditambah suara bising kendaraan yang lalu lalang di hadapanku, membuat suasana bertambah pengap dan panas. berarti suasana sangat ramai sehingga bising dan pengap

JAWABAN: B

Posting Komentar untuk "Bacalah kutipan cerpen berikut. Terik. Hari ini begitu panas, sampai-sampai cahaya matahari membuat kulitku hampir terbakar"

Berlangganan via Email